Perform impresif Kai Havertz bersama-sama Bayern Leverkusen, membuat banyak club elit Eropa memburu untuk memperoleh sinyal tangannya. Tertera ada ganda Manchester, Manchester United serta Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, Barcelona, Real Madrid, Juventus, serta club lokal Jerman sendiri, Bayern Muenchen siap berkompetisi untuk amankan bakat hebat pemain tengah muda berumur 20 tahun itu.

Namun tim-tim elit Eropa itu kelihatannya tidak memperoleh tanda-tangan Havertz dengan gampang, mengingat sekarang ini si pemain masih terjalin kontrak 2 tahun dengan Leverkusen. 

Faksi Leverkusen sendiri, seperti dikatakan Direktur Olahraganya, Rudi Voeller akui faksinya akan mengeluarkan semua langkah untuk menjaga Kai Havertz.

Leverkusen pasti tidak ingin kehilangan asetnya yang bernilai itu. Meskipun Havertz baru bermain bersama-sama Leverkusen semasa dua musim, tetapi dia telah memberi andil lumayan besar. 

Musim ini Havertz sudah mencatat 15 gol serta 8 assist dari 38 pertandingan. Sedang musim awalnya dia sukses mengepak 20 gol serta 7 assist semasa satu musim.

Tetapi sepakbola sekarang ini tidak murni olahraga. Ada berkaitan faktor usaha didalamnya. Selanjutnya Leverkusen akan siap melepas pemain bintangnya itu bila si pemain menginginkannya, serta tentunya bila harga yang ditawarkan club peminat pas.

Bayern Leverkusen diberitakan mematok Kai Havertz pada harga lumayan tinggi, yaitu sebesar 90 juta Pounds (Rp. 1,5 triliun). Pelatih Leverkusen, Peter Bosz justru menyebutkan harga semakin tinggi dari itu, yaitu 100 juta Euro (1,6 triliun). Harga itu konon dapat turun mencolok jadi 70 juta Pounds saja bila Leverkusen tidak berhasil bertanding di Liga Champion musim depan.

Sekarang ini Leverkusen sesaat ada di rangking ke-4 Bundesliga di bawah Bayern Muenchen, Borrusia Dortmund, serta RB Leipzig. Tapi tempat Leverkusen sekarang ini masih riskan mengingat beda point dengan rangking ke-5, Borussia Moenchengladbach cuma satu point. Sesaat pertandingan tersisa dua laga lagi. 

Klub-klub peminat Kai Havertz diberitakan sudah mengatakan tidak dapat menebus harga yang dibandrol Leverkusen. Barcelona contohnya, diklaim tidak mampu beli Havertz sebab mengalami kritis keuangan karena epidemi Covid-19.

Begitupula club raksasa Italia dari kota Turin, Juventus. Sang Nyonya Tua Juventus diberitakan mundur teratur serta hentikan pemburuan Havertz sesudah tahu harga banderolnya yang tinggi sekali.

Sesaat Liverpool serta Manchester United, meskipun kedua-duanya tidak mengatakan menyerah dalam pemburuan Havertz sebab permasalahan harga banderolnya yang tinggi, tapi asisten pelatih Leverkusen, Marcel Daum memperingatkan ke-2 club itu. Daum menyebutkan Liverpool serta Manchester United tidak dapat menebus harga Havertz yang tinggi.

Daum kemungkinan betul. Karena diberitakan The Reds Liverpool cuma menawar setengah dari harga yang dibanderol oleh Leverkusen.
Sedang club sekota Manchester United, yaitu Manchester City jauh hari telah mengatakan tidak tertarik lagi mengincar Havertz. City mengatakan hal itu bukan lantaran permasalahan harga banderolnya yang tinggi, tetapi berkaitan dengan larangan City yang tidak dapat bermain di pertandingan Eropa semasa dua musim ke depan. 

Menurut info paling baru dari Bild yang diambil https://sport.detik.com/, kamis (18/06/2020), Bayern Muenchen yang sebelumnya benar-benar agresif mengincar Havertz rupanya selanjutnya disebutkan mundur juga dari pemburuan Havertz sebab diklaim semakin konsentrasi memburu Leroy Sane dari Manchester City. Disamping itu Muenchen malas menebus harga Havertz yang mahal, yang capai 100 juta Euro.

Dengan mundurnya klub-klub untuk memperoleh Havertz, ringkas kompetisi makin mengerucut pada klub-klub saja. Club yang cukup agresif mengincar Havertz sekarang ini diantaranya The Blues Chelsea. Club bimbingan Frank Lampard itu diberitakan benar-benar ngebet memperoleh Havertz untuk meningkatkan serta lengkapi "koleksi" pemain hebat lain yang telah terlebih dulu ditangkap, yaitu Hakim Ziyech serta kompatriot Havertz sendiri, Timo Werner.

Kecuali The Blues Chelsea, masih ada raksasa Spanyol Real Madrid yang terus agresif mengincar tanda-tangan Havertz. Real Madrid justru disebut untuk club yang diharapkan oleh Havertz. Fakta Havertz mengidamkan Madrid sebab untuknya Madrid adalah salah satunya team paling baik di Spanyol. Disamping itu di Madrid ada pemain pujaan Havertz, Toni Kroos serta Zinedine Zidane si pelatih El Real.

Fakta lain Havertz tertarik dengan El Real sebab menurut dia La Liga semakin menarik dibanding dengan Premier League. Havertz berasa style permainan dianya semakin pas di La Liga.

Manchester United ialah club elit Eropa lain yang terus lakukan pemburuan untuk memperoleh Havertz. Meskipun Marcel Daum sudah "memvonis" Manchester United tidak dapat menebus harga Havertz yang tinggi, tapi Manchester United tidak langsung mundur. Havertz sendiri sempat mengatakan minatnya masuk dengan club berjulukan "Setan Merah" itu.

Pertanyaannya, ke mana Kai Havertz akan berlabuh ? Real Madrid, Chelsea, Manchester United, atau club yang lain ?

Kelihatannya club yang sangat berkesempatan memperoleh tanda-tangan Havertz ialah The Blues Chelsea. Chelsea diklaim untuk club yang mampu serta dapat menebus mahar untuk Havertz yang disodorkan oleh Leverkusen. Antara ke-3 club itu Chelsea memang tertera jadi club yang memberi penawaran tertinggi.

Real Madrid disebutkan cuma siap beli Havertz sebesar 80 juta Pounds. Manchester United tambah murah lagi, cuma ingin bayar sebesar 50 juta Pounds saja. 

Sedang Chelsea lewat si Bos mereka Roman Abramovich langsung mengontak Havertz, siap keluarkan dana sebesar 90 juta Pounds sesuai dengan harga yang disodorkan Leverkusen.